Pentingnya peningkatan Statistical Literacy (SL) menjadi semakin nyata di tengah-tengah era informasi dan teknologi yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pengembangan e-modul statistik deskriptif berbasis problem based learning terintegrasi Isu Pendidikan Nasional untuk meningkatkan SL mahasiswa, dengan menerapkan metode penelitian berjenis Research and Development berdesign Plomp. Objek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Penelitian ini menghasilkan nilai kevalidan materi 93% berkategori sangat kuat, kevalidan media sebesar 96,65% berkategori sangat kuat, dan kevalidan Bahasa sebesar 94,40% berkategori sangat kuat. Selanjutnya menghasilkan nilai kepraktisan sebesar 69,84% berkategori praktis dan menghasilkan nilai keefektifan dari hasil belajar mahasiswa sebesar 85,71% berkategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul statistik deskriptif berbasis PBL terintegrasi isu pendidikan indonesia untuk meningkatkan SL dalam kategori sangat baik. Kemudian, peneliti melihat ada gap yang membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan e-modul statistik inferensial berbasis PBL terintegrasi Isu-isu dibidang lainya seperti lingkungan, kesehatan dan ekonomi dalam upaya meningkatkan SL mahasiswa.
Copyrights © 2024