AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 13, No 4 (2024)

PENGEMBANGAN E-MODUL STATISTIK DESKRIPTIF BERBASIS PBL TERINTEGRASI ISU PENDIDIKAN INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN STATISTICAL LITERACY

Zulqoidi R. Habibie (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Sundahry Sundahry (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Randi Eka Putra (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Dedek Helida Pitra (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Nurlev Avana (Universitas Muhammadiyah Muara Bungo)
Masnia Masnia (Universitas Media Nusantara Citra)
Teti Trisnawati (Universitas Primagraha)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pentingnya peningkatan Statistical Literacy (SL) menjadi semakin nyata di tengah-tengah era informasi dan teknologi yang terus berkembang. Penelitian   ini bertujuan untuk melihat proses pengembangan e-modul statistik deskriptif berbasis problem based learning terintegrasi Isu Pendidikan Nasional untuk meningkatkan SL mahasiswa, dengan menerapkan metode penelitian berjenis Research and Development berdesign Plomp. Objek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Muara Bungo. Penelitian ini menghasilkan nilai kevalidan materi 93% berkategori sangat kuat, kevalidan media sebesar 96,65% berkategori sangat kuat, dan kevalidan Bahasa sebesar 94,40% berkategori sangat kuat. Selanjutnya  menghasilkan nilai kepraktisan sebesar 69,84% berkategori praktis dan menghasilkan nilai keefektifan dari hasil belajar mahasiswa sebesar 85,71% berkategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul statistik deskriptif berbasis PBL terintegrasi isu pendidikan indonesia untuk meningkatkan SL dalam kategori sangat baik. Kemudian,  peneliti melihat ada gap yang membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait pengembangan e-modul statistik inferensial berbasis PBL terintegrasi Isu-isu dibidang lainya seperti lingkungan, kesehatan dan ekonomi dalam upaya meningkatkan SL mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...