Instructional Development Journal
Vol 7, No 3 (2024): IDJ

Strategi Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an di SD Islam Terpadu Al Fikri Kampung Pajak

Aziz, Mursal (Unknown)
Napitupulu, Dedi Sahputra (Unknown)
Haryuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an peserta didik SDIT Al Fikri kampung pajak Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2023/2024 (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an peserta didik SDIT Al Fikri kampung pajak Labuhanbatu Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Hasil dari penelitian yang dilakukan; (1) strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur'an peserta didik yaitu menggunakan metode tiqror, metode talaqqi dan metode tasmi '. (2) Faktor pendukung dalam penerapan strategi guru tahfidz terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri peserta didik itu sendiri berupa minat, bakat dan kecerdasan dalam menghafal Al Qur'an. Faktor eksternal berasal dari luar diri peserta didik yaitu lingkungan sosial di sekitar peserta didik, motivasi guru, dorongan dari orang tua dan tempat menghafal. Faktor penghambat dalam penerapan strategi guru tahfidz adalah kurangnya minat peserta didik dalam menghafal Al Qur'an, peserta didik yang belum bisa membaca Al Qur'an, dan pengaruh teman atau kelompok dalam menghafal Al Qur'an.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...