Instructional Development Journal
Vol 7, No 3 (2024): IDJ

Studi Perbandingan Antara Model Problem Based Learning Dan Project Based Learning Dalam Mereduksi Miskonsepsi Siswa

Amaliah, Dissa (Unknown)
Haryanto, Haryanto (Unknown)
Asrial, Asrial (Unknown)
Damris, Damris (Unknown)
Zurweni, Zurweni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Miskonsepsi adalah pemahaman konsep yang terdapat didalam pikiran siswa yang bertentangan dengan konsep ilmiah. Untuk itu perlu diterapkan model yang dapat mengatasi miskonsepsi siswa yaitu model Problem Based Learning dan model Project Based Learning.  Tujuan penelitian ini untuk membandingkan model mana yang paling baik dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan desain penelitian menggunakan 1 kelas kontrol dan 2 kelas eksperimen. Instumen yang digunakan berupa four-tier diagnostic test. Sasaran penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 3 Jambi. Data penelitian dikumpulkan melalui pretest dan postest. Uji hipotesis dilakukan dengan uji independent sample-test yang diawali dengan uji normalitas dan homogenita terlebih dahulu. Hasil analisis menunjukkan model PBL dan PjBL dapat mereduksi miskonsepsi siswa sebesar 5% dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua model.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...