Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11 No 3 (2024): TARBIYAH WA TA'LIM November 2024

Impact of Canva-Based E-Modules on Learning Motivation, Critical Thinking, and Creativity at SMKN Cerme

Faradisa, Hana (Unknown)
Haryudo, Subuh Isnur (Unknown)
Achmad, Fendi (Unknown)
Rijanto, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Media pembelajaran harus mampu mengukur kompetensi peserta didik secara komprehensif sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Oleh karna itu, pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat menilai kompetensi peserta didik dalam memahami dan mengimplementasikan mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-modul pembelajaran berbasis canva terhadap motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis survei dan tes menggunakan data primer pada populasi SMKN 1 Cerme. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling mengambil 3 kelas kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) sebanyak 105 siswa. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan kuesioner, sedangkan teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dan kreativitas menggunakan tes. Analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian ditemukan nilai Koefisien E-modul terhadap berpikir kritis ialah 0,619 (artinya pengaruhnya positif) P value E-modul terhadap berpikir kritis ialah 0,000 < 0,05 (artinya signifikan) T hitung E-modul terhadap berpikir kritis ialah 9,715 > T tabel 1,661 (sampel 105, jumlah V dependen 3)(artinya signifikan) Dengan demikian maka e-modul pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Koefisien E-modul terhadap kreativitas ialah 0,419 (artinya pengaruhnya positif) P value E-modul terhadap kreativitas ialah 0,000 < 0,05 (artinya signifikan) T hitung E-modul terhadap kreativitas ialah 5,021 > T tabel 1,661 (sampel 105, jumlah V dependen 3)(artinya signifikan) Dengan demikian maka e-modul pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan kreativitas siswa. Koefisien E-modul terhadap motivasi belajar ialah 0,383 (artinya pengaruhnya positif) P value E-modul terhadap motivasi belajar ialah 0,000 < 0,05 (artinya signifikan) T hitung E-modul terhadap motivasi belajar ialah 5,063 > T tabel 1,661 (sampel 105, jumlah V dependen 3)(artinya signifikan) Dengan demikian maka e-modul pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan motivasi belajar siswa. Kesimpulan didapatkan bahwa e-modul pembelajaran berbasis canva memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik. Implikasi hasil analisis menunjukkan guru dapat memandang bahwa media pembelajaran yang menarik dan inovatif seperti e-modul pembelajaran berbasis canva sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar, berpikir kritis dan kreativitas pesrta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Tarbiyawat

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Tarbiyah Wa Talim provides scientific article of education that developed in attendance through the article publications, book reviews, original research report, reviews, and scientific commentaries in Islamic education. Tarbiyah wa Talim encompasses research articles, original research report, ...