Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa : Journal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Vol. 4 No. 3 (2024): Desember KAPASA

KONSEP BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Ernawati (Unknown)
Yuspiani (Unknown)
Wahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan proses pemerolehan pengetahuan, penguasaan kemahiran, dan pembentukan sikap dan kepercayaan pada siswa, pendidik harus memahami teori-teori belajar yang akan membangun dasar bagi proses pembelajaran mereka. Belajar dan pembelajaran merupakan aktivitas utama dalam proses pendidikan. Pendidikan secara nasional di Indonesia didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya sehingga memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan baik untuk diri peserta didik itu sendiri maupun untuk masyarakat, bangsa, dan negaranya. Beberapa kelompok teori yang memberikan perspektif unik tentang belajar antara lain: teori behaviorisme, teori kognitivisme, teori belajar psikososial, teori gagne, teori fitrah, teori ilmu jiwa daya, teori gestalt, teori asosiasi, teori connectionism, dan teori conditioning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kapasa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

KAPASA adalah singkatan dari Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa disingkat “Kapasa” merupakan Jurnal Publikasi Ilmiah berkala dengan pendekatan Interdisipliner bidang ilmu yaitu Pendidikan , Sosial dan Humaniora. Sub-sub ketiga bidang ilmu tersebut meliputi pendidikan dalam Program Studi ...