Kepemimpinan perempuan dalam dunia pendidikan menghadapi tantangan yang kompleks, terutama dalam mengelola beban kerja yang tinggi sambil menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi (work-life balance). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi adaptif yang diterapkan oleh kepala sekolah perempuan dalam menghadapi tantangan tersebut melalui pendekatan studi literatur (library research). Data yang digunakan berasal dari jurnal akademik, buku, laporan resmi, dan artikel media massa, yang dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah perempuan menerapkan berbagai strategi adaptif, seperti kepemimpinan kolaboratif, manajemen waktu yang efektif, dan pemanfaatan dukungan teknologi untuk mengurangi tekanan kerja. Selain itu, dukungan institusi, seperti kebijakan fleksibilitas kerja dan pelatihan manajemen stres, terbukti sangat penting dalam mendukung keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi mereka. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi institusi pendidikan dalam menyediakan program pendukung dan meningkatkan efektivitas kepemimpinan perempuan di sektor pendidikan.
Copyrights © 2024