Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan metode Project Based Learning (PjBL) berbasis penguatan profil Pancasila di Kabupaten Padang Pariaman. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya integrasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran serta minimnya kesadaran lingkungan di kalangan siswa sekolah dasar. Melalui pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan pada 20-21 Juli 2024, guru-guru sekolah dasar dilatih untuk mengembangkan proyek-proyek pembelajaran yang menekankan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong dan tanggung jawab, dengan fokus pada kepedulian lingkungan. Metode yang digunakan dalam program ini mencakup penyuluhan, workshop, dan sesi pendampingan intensif yang mengombinasikan teori dan praktik. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru tentang PJBL 63 sebelumnya menjadi 85 dan kemampuan mereka dalam melaksanakan kegiatan kepedulian lingkungan dari 65 menjadi 85. Selain itu, siswa yang terlibat dalam proyek-proyek lingkungan menunjukkan respons positif, dengan perubahan sikap yang lebih peduli terhadap lingkungan. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan PJBL berbasis karakter dalam membentuk generasi yang berkarakter Pancasila serta memiliki kesadaran lingkungan yang tinggi. Program ini direkomendasikan untuk diperluas ke sekolah-sekolah lain sebagai model efektif dalam pendidikan karakter.
Copyrights © 2024