Jurnal Abdidas
Vol. 5 No. 6 (2024): Desember

Peningkatan Kompetensi Komunikasi Audio Visual untuk Siswa-Siswi SMK Negeri 4 Semarang melalui Pembelajaran Praktis Sinematografi

Ernawati, Arni (Unknown)
Ratnawati, Juli (Unknown)
Widya Laksana, Deddy Award (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2024

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, kemampuan untuk berkomunikasi secara visual sangat penting. Di SMK Negeri 4 Semarang, pengabdi melakukan program pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kemampuan sinematografi siswa-siswi jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Program ini melibatkan 35 siswa-siswi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dimulai dengan persiapan awal dan berakhir dengan merenungkan hasil yang dicapai. Siswa-siswi tidak hanya mendapatkan pemahaman tentang konsep dasar sinematografi seperti sudut kamera, komposisi, dan pencahayaan, tetapi mereka juga mempraktikkan konsep tersebut secara langsung. Siswa memiliki kesempatan untuk membuat karya visual yang kreatif dengan menggunakan peralatan seperti kamera, gimbal, dan tripod. Melibatkan siswa-siswi secara aktif dalam setiap tahap program menggunakan metode pendekatan partisipatif. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang materi, tetapi juga melatih mereka untuk bekerja sama dan berbicara dengan orang lain. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kepercayaan diri dan keterampilan teknis siswa-siswi telah meningkat. Oleh karena itu, tidak hanya program pengabdian ini meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam komunikasi audio visual, tetapi juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan yang semakin kompetitif di dunia kerja, terutama di industri kreatif. Kami berharap program serupa terus dibuat untuk membantu pertumbuhan generasi muda yang inovatif dan kreatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...