Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2024): November 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT CAHAYA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW LEARNING PENDEKATAN TARL KELAS V B SDN WONOKROMO 1/390 SURABAYA

Salsabila, Anisah (Unknown)
Hartatik, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru membuat peserta didik kurang aktif dan kurang memahami materi Pelajaran dengan baik, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Metode yang berpusat pada guru dapat diganti dengan metode yang berpusat pada peserta didik salah satu metodenya yaitu jigsaw learning.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik yaitu menggunakan metode jigsaw learning. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Desain penelitian yang digunakan PTK menggunakan kuasi eksperimen dilakukan menggunakan pretest dan postest pada satu variabel. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik Pelajaran IPAS materi sifat-sifat Cahaya kelas V-B SDN Wonokromo 1/390 Surabaya dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw learning. Hal ini terlihat pada Tingkat ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklus. Kegiatan prasiklus atau sebelum menerapkan metode pembelajaran jigsaw learning diperoleh presentase ketuntasan nilai 0% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 16,48. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan ketika melaksanakan proses belajar menggunakan model pembelajaran jigsaw learning dengan presentase ketuntasan sebesar 78% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 77,62. Pada siklus II terjadi peningkatan lagi dengan presentase nilai 90% atau nilai rata-rata sebesar 89,59 yang termasuk sangat baik..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendikdas

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan Mei dan November (dua kali setahun). Jurnal Pendidikan Dasar merupakan jurnal yang memuat didalamnya kajian konseptual dan hasil penelitian Pendidikan ...