Salah satu mata pelajaran yang didesain pada kurikulum merdeka adalah dengan menggabungkan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi IPAS. Kurangnya penerapkan model pembelajaran dan penggunaan media ajar dalam pembelajaran IPAS terutama pada materi IPS terkadang membuat siswa merasa kurang tertarik mengikuti pembelajaran. Berdampak pada siswa kurang memahami materi ajar dan hasil belajar yang tidak mencapai kategori tinggi. Tujuan untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar siswa sekolah dasar terutama pada mata pelajaran IPAS dengan fokus IPS melalui model Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media quizizz paper mode. Metode penelitian yang digunakan ialah pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Sampel yaitu siswa kelas IV yang terdiri dari 23 orang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrument pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menyatakan adanya perubahan dari nilai rata – rata tertinggi dan terendah pada pretest sebesar 47 menjadi 76,5 pada posttest. Hasil rata – rata N-Gain sebesar 62%. Pada nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,499 atau 49%. Maka dapat disimpulkan bahwa pada model pembelajaran kooperatif student team achievemet division (STAD) berbantuan media quizizz paper mode memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar terutama pada mata pelajaran IPAS dengan fokus IPS
Copyrights © 2024