Penelitian ini mengkaji bentuk aktivitas Citizen Journalism di platfrom media sosial yang dikelola  PT. Rejang Land Media di Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian bertujuan untuk  mengetahui nilai-nilai yang terkandung dalam aktivitas citizen journalism dan peran platform media sosial (Facebook, Instagram) dalam memfasilitasi citizen journalism di PT. Rejang Land Media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan Uses and Gratification Theory. Analisis menunjukkan bahwa setiap platform memiliki karakteristik unik yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan informasi dan partisipasi masyarakat Rejang Lebong. Facebook lebih berfokus pada isu politik, sosial, dan budaya lokal yang mengundang diskusi mendalam, menarik audiens dewasa, dan sering memanfaatkan bahasa daerah untuk memperkuat identitas budaya. Di sisi lain, Instagram menonjolkan visualisasi konten yang kreatif dan ringan, menarik generasi muda melalui promosi kegiatan lokal, pengembangan bakat, serta informasi pendidikan dan karier. Melalui pendekatan yang berbeda ini, PT.Rejang Land Media mampu memberikan ruang partisipasi yang sesuai bagi berbagai kelompok usia, memaksimalkan peran citizen journalism dalam meningkatkan literasi media, memperkuat interaksi sosial, serta mendorong solidaritas komunitas untuk bersama-sama menyikapi isu-isu lokal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024