Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Desember 2024 - Januari 2025)

Strategi Personal Branding Content Creator Bengkulu (Studi Kasus pada Akun Media Sosial TikTok @cekelenehem)

Agustin, Litami (Unknown)
Adhrianti, Lisa (Unknown)
Indiarma, Verani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Dengan perkembangan media sosial, personal branding menjadi penting bagi content creator untuk membangun identitas diri yang kuat dan menarik perhatian audiens. Menciptakan identitas yang kuat semakin sulit karena fenomena content creator yang semakin meningkat di Indonesia, salah satunya di Bengkulu. Untuk melakukan personal branding, content creator harus memiliki ciri khas unik yang membedakannya dari content creator lain dan juga kredibilitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi personal branding content creator TikTok @cekelenehem menggunakan delapan konsep personal branding dari Montoya dan Vandehey. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam paradigma interpretif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi-terstruktur, observasi non-partisipant dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding yang dibangun oleh Adi Idham Siregar telah memenuhi kedelapan konsep dari Montoya dan Vandehey. Personal brand yang dibangun oleh Adi Idham lebih fokus pada konsep spesialisasi dan perbedaan, sehingga dapat disimpulkan ia berhasil membangun personal brand sebagai content creator TikTok dengan fokus utama konten pada bidang UMKM kuliner dengan kepribadian yang cheerful, ramah, dan percaya diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...