Dengan perkembangan media sosial, personal branding menjadi penting bagi content creator untuk membangun identitas diri yang kuat dan menarik perhatian audiens. Menciptakan identitas yang kuat semakin sulit karena fenomena content creator yang semakin meningkat di Indonesia, salah satunya di Bengkulu. Untuk melakukan personal branding, content creator harus memiliki ciri khas unik yang membedakannya dari content creator lain dan juga kredibilitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi personal branding content creator TikTok @cekelenehem menggunakan delapan konsep personal branding dari Montoya dan Vandehey. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam paradigma interpretif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara semi-terstruktur, observasi non-partisipant dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding yang dibangun oleh Adi Idham Siregar telah memenuhi kedelapan konsep dari Montoya dan Vandehey. Personal brand yang dibangun oleh Adi Idham lebih fokus pada konsep spesialisasi dan perbedaan, sehingga dapat disimpulkan ia berhasil membangun personal brand sebagai content creator TikTok dengan fokus utama konten pada bidang UMKM kuliner dengan kepribadian yang cheerful, ramah, dan percaya diri.
Copyrights © 2024