Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kegiatan ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar, dengan fokus pada tantangan yang dihadapi dan dampaknya terhadap pembentukan karakter siswa. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kegiatan ekstrakurikuler PAI dalam membentuk karakter dan moral siswa, namun masih terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaannya, seperti kurangnya dukungan dari pihak sekolah, keterbatasan fasilitas, serta kompetensi guru pembimbing yang tidak merata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dengan menganalisis berbagai literatur yang relevan dalam kurun waktu enam tahun terakhir, seperti jurnal, buku, dan laporan penelitian terkait. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler PAI di Sekolah Dasar sangat berpotensi dalam penguatan karakter siswa, namun tantangan seperti keterbatasan waktu, fasilitas, dan kurangnya keterlibatan orang tua perlu segera diatasi. Rekomendasi untuk perbaikan mencakup penyediaan fasilitas yang lebih baik, peningkatan kompetensi guru, dan kolaborasi yang lebih intens antara pihak sekolah dan orang tua dalam mendukung kegiatan ini.
Copyrights © 2024