Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 7, No 5 (2024): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat

Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Office sebagai Media Pembelajaran di SMK Mutiara Depok

Natsir, Fauzan (Universitas Indraprasta PGRI)
Bakhtiar, Muhammad Yusuf (Universitas Indraprasta PGRI)
Anggraeni, Ni Ketut Pertiwi (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Kemajuan di bidang teknologi informasi komunikasi menuntut guru tidak hanya untuk  dapat  menggunakan  perangkat  pembelajaran  berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),  tetapi  lebih  dari  itu melalui  penguasaan  software  tertentu  diharapkan  pula  guru  dapat  membuat  media pembelajaran  yang  bersifat  interaktif,  agar  dapat  digunakan  untuk mengeksplor pengetahuan itu sendiri. Tidak semua guru di sekolah telah memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara maksimal, di mana sebagian besar guru hanya menggunakan media pembelajaran berbasis TIK kurang dari empat kali dalam satu bulan dan belum sepenuhnya menguasai perangkat lunak presentasi. Meskipun demikian, TIK memiliki potensi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan yang dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru tentang cara menggunakan TIK dalam pengajaran. Sasaran  dari  kegiatan  ini  yaitu  guru-guru SMK Mutiara yang terletak di Tapos, Depok. Setelah melakukan sosialisasi dan pelatihan dari pemanfaatan Microsoft Office untuk media pembelajaran, kegiatan  ini  membangun  dan  meningkatkan  media pembelajaran  dalam  penggunaan  aplikasi  Microsoft  Office  yang  nantinya  membantu para guru merancang media pembelajran serta siswa-siswa dalam pengerjaan tugas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and ...