Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas lima madrasah ibtidaiyah antara kelas yang menerapkan metode Preview Question Read reflect Recite Review (PQ4R) dan kelas yang menggunakan metode ekspositori konvensional, mengukur sejauh mana pengaruh metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa, serta menjelaskan peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa setelah penerapan metode PQ4R. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu yang dilaksanakan di madrasah ibtidaiyah Unggulan Ushuluddin Singkawang dengan populasi seluruh siswa kelas lima sebanyak 127 siswa. Sampel terdiri atas 30 siswa kelas lima A sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas lima B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal keterampilan membaca pemahaman, sedangkan teknik analisis data meliputi uji-t, effect size, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam keterampilan membaca pemahaman antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai t-hitung 3,6856 > t-tabel 1,9983. Pengaruh metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman sangat tinggi dengan nilai effect size 0,99, yang terlihat dari rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen sebesar 74,53 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 61,37. Perbedaan perlakuan ini menjadi faktor utama yang memengaruhi hasil pada kedua kelas. Selain itu, keterampilan membaca pemahaman siswa setelah penerapan metode PQ4R mengalami peningkatan dengan indeks N-Gain sebesar 0,48, yang berada dalam kategori sedang (0,3 < N-Gain < 0,7). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode PQ4R berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas lima madrasah ibtidaiyah.
Copyrights © 2024