Saat ini, seiring dengan globalisasi dan zaman modern, teknologi informasi selalu berkembang dan maju dengan kecepatan yang sangat tinggi. Hal serupa juga terjadi pada penggunaan internet yang berdampak signifikan terhadap kehidupan sehari-hari masyarakat, khususnya dunia usaha. Penelitian ini melakukan wawancara mendalam dengan tiga informan yang merupakan pengguna aktif Tokopedia, yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif digunakan dengan metode studi kasus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kepercayaan konsumen terbentuk melalui pengalaman positif dalam bertransaksi dan citra merek yang baik. Sementara itu, loyalitas pelanggan terbangun melalui kepuasan terhadap produk dan layanan. Kedua faktor tersebut berperan penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen, dimana konsumen cenderung memilih Tokopedia sebagai platform belanja online utama ketika tingkat kepercayaan dan loyalitas mereka tinggi. Penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang dinamika hubungan antara kepercayaan, loyalitas, dan keputusan pembelian dalam konteks e-commerce.
Copyrights © 2025