School libraries need to carry out their operational activities following applicable standards, one of which is the Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). That regulation concerning National Library Standards for Senior High Schools/Islamic Senior High Schools (SMA/MA). This study aims to determine whether the SMAN 2 Cimahi Library has implemented the service standards in accordance with the National Library Standard. This study is qualitative, using observation and interview techniques, and data analysis is carried out descriptively. The results obtained are that the SMAN 2 Cimahi Library has implemented SNP SMA/MA from the service aspect, namely types of services, compulsory reading programs, library education programs, information literacy programs, library promotions, reports, cooperation, and several programs have been integrated with the curriculum. Unfortunately, in terms of service hours, the SMAN 2 Cimahi library has not met the service hours in accordance with the SNP, which is 8 hours per working day. From these results, the SMAN 2 Cimahi Library can consider opening service activities for more than 8 hours per working day in order to optimize library services to all SMAN 2 Cimahi library users. Abstrak Perpustakaan sekolah perlu menjalankan kegiatan operasionalnya sesuai dengan standar yang berlaku, salah satunya Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional RI No. 12 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan (SNP) Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Perpustakaan SMAN 2 Cimahi telah mengimplementasikan standar layanan dalam SNP SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara, analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil yang didapat adalah Perpustakaan SMAN 2 Cimahi telah mengimplementasikan SNP SMA/MA dari aspek pelayanan, yaitu jenis pelayanan, program wajib baca, program pendidikan pemustaka, program literasi informasi, promosi perpustakaan, laporan, kerja sama, serta beberapa program telah terintegrasi dengan kurikulum. Sayangnya, dari segi jam pelayanan, perpustakaan SMAN 2 Cimahi belum memenuhi jam layanan yang sesuai dengan SNP, yaitu 8 jam per hari kerja. Dari hasil tersebut, Perpustakaan SMAN 2 Cimahi dapat mempertimbangkan untuk membuka kegiatan pelayanan lebih dari 8 jam per hari kerja guna mengoptimalkan layanan perpustakaan kepada seluruh pemustaka perpustakaan SMAN 2 Cimahi. Kata Kunci: perpustakaan sekolah; layanan perpustakaan; implementasi layanan
Copyrights © 2024