Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN APLIKASI DESMOS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Putri Anggraini (Unknown)
Mukhtar, Mukhtar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningktan kemampuan literasi matematika siswa siswa kelas XI-10 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan aplikasi Desmos. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data meliputi tes, dan observasi. Hasil penelitian yang didapatkan yakni pada siklus I, dengan nilai rata-rata siswa mencapai 70 yang tergolong sedang, serta persentase keberhasilan tingkat lierasi matematika sebesar 22,22%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,07 dengan persentase keberhasilan tingkat lierasi matematika sebesar 86,11%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan aplikasi Desmos dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...