Cendikia Pendidikan
Vol. 12 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan

PERAN GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD PATRA DHARMA 1 BALIKPAPAN

Hasana, Nur (Unknown)
Yusuf, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2025

Abstract

This study aims to examine the role of Islamic Religious Education (PAI) teachers in fostering student learning motivation at Patra Dharma 1 School. Learning motivation is an important factor in the success of education, and PAI teachers as educators have a great influence in shaping students' attitudes and interest in lessons. This study used a qualitative approach with descriptive methods, in which data were collected through observation, interviews, and documentation. The results showed that the role of PAI teachers is not only limited to the delivery of teaching materials, but also includes modeling, applying religious values that can motivate students to learn, and creating a positive learning environment. PAI teachers at Patra Dharma 1 successfully integrated religious values with interesting learning strategies, such as value-based learning, intrinsic motivation associated with religion, and the use of personalized approaches. Thus, PAI teachers have a significant contribution in increasing students' learning motivation, which in turn affects their academic achievement. This study concludes that the holistic approach applied by PAI teachers is very effective in motivating students to study harder and with better quality. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di Sekolah Patra Dharma 1. Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan pendidikan, dan guru PAI sebagai pendidik memiliki pengaruh besar dalam membentuk sikap dan minat siswa terhadap pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI tidak hanya terbatas pada penyampaian materi ajar, tetapi juga mencakup pemberian teladan, penerapan nilai-nilai agama yang dapat memotivasi siswa untuk belajar, serta menciptakan lingkungan belajar yang positif. Guru PAI di Patra Dharma 1 berhasil mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan strategi pembelajaran yang menarik, seperti pembelajaran berbasis nilai, motivasi intrinsik yang dikaitkan dengan agama, serta penggunaan pendekatan yang bersifat personal. Dengan demikian, guru PAI memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, yang pada gilirannya berpengaruh pada prestasi akademik mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan holistik yang diterapkan oleh guru PAI sangat efektif dalam memotivasi siswa untuk belajar lebih giat dan berkualitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...