Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 1 (2025): JPTI - Januari 2025

Ethnogames 3D: Stimulasi Pemahaman Konsep Siswa Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Maggurecceng

Mutmainna, Mutmainna (Unknown)
Taufan Asfar, Andi Muhammad Irfan (Unknown)
Akbar Asfar, Andi Muhamad Iqbal (Unknown)
Nurannisa, Andi (Unknown)
Handayani, Reski (Unknown)
Riska, Riska (Unknown)
Rasmiati, Rasmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Bermain merupakan salah satu aktivitas alam yang paling digemari anak-anak. Dapat dikatakan bahwa bermain merupakan salah satu sarana proses belajar. Salah satu permainan yang masih sering dimainkan oleh anak-anak di Sulawesi Selatan adalah permainan Maggurecceng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada pendidikan matematika mengenai kelayakan penggunaan permainan ethnogames 3D melalui permainan Maggurecceng pada siswa kelas X. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 11 Bone dan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu Kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan potensi besar permainan tradisional berbasis teknologi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep matematika, khususnya pada konteks etnomatematika dimana terjadi peningkatan pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test mencapai skor 41,99 atau meningkat 73% dengan kategori rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...