Tujuan dari penenlitian ini untuk untuk mengetahui penerapan teknik shaping untuk meningkatkan kedisiplinan siswa dan mengetahui gambaran perilaku siswa yang muncul setelah menerapkan teknik shaping Kelas VIII SMPS Muhammadiyah Bateballa Kab. Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil dari penelitian peran teknik shaping dalam meningkatkan  kedisiplinan belajar siswa kelas viii sekolah menengah pertama swasta (SMPS) muhammadiyah bateballa kabupaten bantaeng  menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test pada hasil analisis disiplin belajar siswa yang berjumlah 5 orang yaitu 36.2. sedangkan nilai rata-rata post-test yaitu 56 Artinya nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata pre-test, hal ini membuktikan bahwa teknik shaping efektif untuk meningkatkan disiplin belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024