Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 13, No 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Etika dan Praktik Keagamaan di Era Digital: Mempertahankan Nilai di Tengah Kemajuan Teknologi

Iskandar Iskandar (Universitas Bosowa)
Muhammad Sabiq (Universitas Bosowa)
Tawakkal Baharuddin (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Arisnawawi Arisnawawi (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji transformasi praktik keagamaan di era digital dan mengidentifikasi tantangan etika yang timbul akibat penggunaan teknologi dalam ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur untuk menganalisis berbagai referensi terkait etika dan praktik keagamaan di era digital guna memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai tantangan dan peluang dalam mempertahankan nilai-nilai keagamaan di tengah kemajuan teknologi. Temuan utama menunjukkan bahwa transformasi praktik keagamaan di era digital membawa manfaat dalam hal kemudahan akses, tetapi juga menghadirkan tantangan etika terkait keaslian ajaran, otoritas agama, integritas nilai agama, privasi data, dan komersialisasi. Penyebaran informasi yang tidak terverifikasi dapat mengaburkan ajaran yang sah, sementara kemudahan akses dapat mengurangi pemahaman mendalam tentang agama. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran etis guna menjaga integritas ajaran agama dan memastikan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab. Untuk menjaga kesakralan dan integritas ajaran agama, dibutuhkan upaya bersama dalam meningkatkan literasi digital dan kesadaran etis dalam menghadapi kemajuan teknologi di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...