MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 7 No 2 (2024)

STRATEGI GURU MADRASAH DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Wahyudi, Imam (Unknown)
Ayu Sayekti, Mahendi Pasca (Unknown)
Masykur, Muhammad Ali (Unknown)
Prasetyo, Virga Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka memerlukan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki karakteristik khas dalam menjaga nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Legowetan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Madrasah Ibtidaiyah adalah model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan proyek yang relevan dengan materi yang diajarkan dan mencerminkan nilai-nilai keislaman. Sebagai bentuk apresiasi, siswa yang berhasil menyelesaikan proyek diberikan penghargaan (reward), sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Strategi ini tidak hanya mendorong pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, tetapi juga memperkuat internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam proses pendidikan. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dalam konteks Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan aspek akademik dan nilai-nilai religius secara harmonis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

madrosatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MADROSATUNA adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel asli tentang pengetahuan terbaru, penelitian, atau penelitian dan pengembangan terapan lainnya di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah. Sejak 2018 jurnal ini telah diterbitkan secara teratur dua kali setahun (Juli dan Desember). ...