Penerapan Kurikulum Merdeka memerlukan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki karakteristik khas dalam menjaga nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh guru di Madrasah Ibtidaiyah Legowetan dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Madrasah Ibtidaiyah adalah model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning). Dalam pelaksanaannya, siswa diberikan proyek yang relevan dengan materi yang diajarkan dan mencerminkan nilai-nilai keislaman. Sebagai bentuk apresiasi, siswa yang berhasil menyelesaikan proyek diberikan penghargaan (reward), sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Strategi ini tidak hanya mendorong pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, tetapi juga memperkuat internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam proses pendidikan. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dalam konteks Kurikulum Merdeka, yang mengintegrasikan aspek akademik dan nilai-nilai religius secara harmonis.
Copyrights © 2024