Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 3, No 1 (2025)

Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Rantau Selatan

Rahmadani, Nabilla (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rohman, Fatkhur (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Tabah Hati, Silvia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Minat belajar siswa pada pelajaran IPS masih rendah dikarenakan beberapa factor diantaranya model pembelajaran yang kurang menarik, dan kurangnya kerukunan antar siswa menyebabkan rendahnya minat belajar. Sistuasi ini menuntut inovasi dalam metode pengajaran.Salah satu pendekatan yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah model pembelajaran cooperative learning Tipe STAD.Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengetahui bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran IPS dikelas VII-1 di SMP Negeri 2 Rantau Selatan; (2) mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rantau Selatan; dan (3) mengetahui apa saja tantangan yang dihadapi guru saat menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : proses pembelajaran IPS dikelas VII-1 menggunakan ceramah dan model cooperative learning tipe STAD, meskipun penerapan nya sedikit berbeda dengan yang semestinya. Akan tetapi model pembelajaran STAD ini tetap berhasil menarik minat belajar siswa karena berhasil menciptakan suasana belajar yang menyenangkan karena siswa terlihat lebih senang, aktif dan tidak mengantuk mengikuti pelajaran IPS. Tantangan utama adalah waktu yang dibutuhkan untuk pembentukan kelompok dan presentasi kelompok.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnaltips

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Tips : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial aims to publish and disseminate original works and current issuess on the subject of research and studies in the field of education and social science including Studies in science, teaching and learning, educational philosophy, educational ...