Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma dunia kerja, sehingga keterampilan pemasaran digital menjadi penting bagi siswa SMK untuk bersaing di pasar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelatihan pemasaran digital di SMK Bina Nasional Informatika Bekasi dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menghadapi dunia kerja. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, wawancara dan emsonstrasi yang dilakukan dengan guru, kepala program keahlian, siswa, pengusaha, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital sangat penting untuk meningkatkan daya saing siswa di dunia kerja, dengan keterampilan utama yang harus dikuasai seperti manajemen konten, desain grafis, dan analisis data. Meskipun ada kendala seperti keterbatasan fasilitas dan waktu, pelatihan yang terstruktur dan berbasis praktik dapat membantu siswa mengatasi tantangan dunia kerja yang semakin digital. Pelatihan pemasaran digital di SMK Bina Nasional Informatika Bekasi diharapkan dapat menutup kesenjangan antara keterampilan siswa dan kebutuhan industri
Copyrights © 2024