Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital
Vol. 1 No. 4 (2024): Desember

PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA SMK BINA NASIONAL INFORMATIKA BEKASI DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA

Mulyono, Sri (Unknown)
Aliman, Aliman (Unknown)
Aziz, Aghni Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah paradigma dunia kerja, sehingga keterampilan pemasaran digital menjadi penting bagi siswa SMK untuk bersaing di pasar kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelatihan pemasaran digital di SMK Bina Nasional Informatika Bekasi dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menghadapi dunia kerja. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, wawancara dan emsonstrasi yang dilakukan dengan guru, kepala program keahlian, siswa, pengusaha, dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran digital sangat penting untuk meningkatkan daya saing siswa di dunia kerja, dengan keterampilan utama yang harus dikuasai seperti manajemen konten, desain grafis, dan analisis data. Meskipun ada kendala seperti keterbatasan fasilitas dan waktu, pelatihan yang terstruktur dan berbasis praktik dapat membantu siswa mengatasi tantangan dunia kerja yang semakin digital. Pelatihan pemasaran digital di SMK Bina Nasional Informatika Bekasi diharapkan dapat menutup kesenjangan antara keterampilan siswa dan kebutuhan industri

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmebd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Ekonomi dan Bisnis Digital (JPMEBD) merupakan Jurnal Nasional yang bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh sivitas akademika mencakup keilmuan Ekonomi: Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi Pembangunan serta digitalisasi Ekonomi. ...