Abstract: Elementary school mathematics is a subject used to teach mathematical concepts that form the basis of students' basic understanding before they move on to deeper understanding. Students often become passive due to implementing teacher-centred learning models and the lack of media that encourages student engagement, resulting in a low understanding of their concepts. The TGT learning model and EBS-PBM Apps application media are some of the alternatives to the student-centered learning model. This study aims to determine students' understanding of mathematical concepts influenced by the TGT learning model with the help of the EBS-PBM Apps application. A quasi-experiment with a non-experimental control group design was the research methodology used. Descriptive and inferential statistical tests were used in data analysis with IBM SPSS Statistics 26. This means that the TGT learning model assisted by EBS-PBM Apps effectively improves students' understanding of mathematical concepts. It can be a better alternative learning model than the conventional one without using the non-application.Keywords: EBS-PBM apps; games; TGT model; understanding mathematical concepts Abstrak: Matematika sekolah dasar adalah pelajaran yang digunakan untuk mengajarkan konsep matematika yang menjadi dasar pemahaman dasar siswa sebelum mereka melanjutkan ke pemahaman yang lebih dalam. Siswa sering kali menjadi pasif karena penerapan model pembelajaran yang berpusat pada guru dan kurangnya media yang mendorong keterlibatan siswa yang berakibat pada rendahnya pemahaman konsep mereka. Model pembelajaran TGT dan media aplikasi EBS-PBM Apps merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang dipengaruhi oleh model pembelajaran TGT dengan bantuan aplikasi EBS-PBM Apps. Eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-eksperimental adalah metodologi penelitian yang digunakan. Uji statistik deskriptif dan satistik inferensial digunakan dalam analisis data dengan IBM SPSS Statistics 26. Pemahaman konsep matematis siswa meningkat sebesar 0,73, termasuk dalam kategori tinggi, menurut analisis data dan perhitungan N-Gain. Artinya, model pembelajaran TGT berbantuan EBS-PBM Apps efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dan tanpa menggunakan aplikasi tersebut.Kata kunci: aplikasi EBS-PBM Apps; model TGT; pemahaman konsep matematis; permainan
Copyrights © 2024