Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Vol. 10 No. 1 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah

LANDASAN FILOSOFIS PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Iswanto, Rudi (Unknown)
Fatmawati (Unknown)
Rahayu, Fitri (Unknown)
Subekti, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Landasan filosofis pendidikan Islam mencakup kajian mendalam terhadap prinsip-prinsip dasar yang mengintegrasikan ajaran wahyu, akal, dan nilai-nilai budaya lokal. Pendidikan Islam bertujuan menciptakan individu yang beriman, berilmu, dan berakhlak mulia, sesuai dengan tugas manusia sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi. Penelitian ini menggunakan metode kajian teoritis dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan teori-teori terkait pendidikan Islam, khususnya dalam konteks filosofi pendidikan yang mengintegrasikan ajaran wahyu, akal, dan nilai-nilai budaya lokal. Metode ini mengutamakan eksplorasi mendalam dan interpretasi terhadap konsep-konsep atau teori yang relevan, tanpa melibatkan pengumpulan data kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa di Indonesia, implementasi landasan ini diwujudkan melalui integrasi nilai-nilai Islam dan Pancasila dalam kurikulum berbasis agama dan kebangsaan. Kurikulum ini bertujuan membentuk generasi yang berilmu, beriman, dan berakhlak mulia sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Namun, tantangan globalisasi dan sekularisasi memerlukan penguatan budaya lokal dan pengembangan kurikulum yang adaptif terhadap perubahan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tashdiq

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini ...