International Journal of Learning and Instruction (IJLI)
Vol 6, No 2 (2024): Oktober 2024 Volume 6 Number 2 2024

Implementation of Sociology Learning Model Problem Based Learning Based on Quizizz in Class XI IIS 1 SMAS Mujahidin Pontianak

Manisah, Ayu (Unknown)
Ulfah, Maria (Unknown)
Okianna, Okianna (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Pembelajaran Sosiologi Model PBL Berbasis Aplikasi Quizizz di Kelas XI IIS 1 SMAS Mujahidin Pontianak.” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran sosiologi dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis aplikasi Quizizz pada siswa Kelas XI IIS 1 SMAS Mujahidin Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru sosiologi yang mengajar di kelas XI IIS 1 SMAS Mujahidin Pontianak dan empat orang siswa kelas XI IIS 1 SMAS Mujahidin Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam merencanakan pembelajaran sosiologi digunakan satu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk satu kali pertemuan dengan materi berbagai jenis permasalahan sosial di ruang publik dan dibuat sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku. Pelaksanaan pembelajaran sosiologi menggunakan model problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi Quizizz yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Hasil belajar yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga observasi, dengan perolehan hasil belajar terdiri dari tiga ranah, yaitu ranah kognitif (pengetahuan), ranah afektif (sikap), dan ranah psikomotor (keterampilan).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IJLI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

IJLI is a Scientific Journal published twice a year in April and Oktober by the Faculty of Teacher Training and Education in Universitas Tanjungpura Pontianak. The article contains the results of research and other scientific literature related to learning, instruction, teaching and ...