Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar IPS kelas XI SMA Tulus Bhakti, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar IPS Siswa Kelas XI SMA Tulus Bhakti. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas XI SMA Tulus Bhakti yang berjumlah 396 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Yamane Taro dengan tingkat 10% karena populasi lebih 100 orang. Maka, jumlah sampel yang diambil sebanyak 80 orang yang diambil secara acak dari tiap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (survei) dengan menggunakan Google Form, dengan meggunakan Skala Liker. Sedangkan, untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan untuk pengujian persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikansi motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dari nilai r-hitung >r-tabel yaitu 60,745 dengan nilai signifikan 0,006<0,5. Kemudian, besar pengaruh koefisien determinasi Adjusted R square 0,422 Pada model summary dalam uji regresi, sehingga terdapat pengaruh antara motivasi belajar (varibel X) terhadap prestasi belajar IPS Siswa kelas XI (Y). Kata Kunci: Motivasi; Prestasi Belajar Siswa; Mata Pelajaran IPS
Copyrights © 2025