Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa mengenai materi Indonesiaku Kaya Raya di kelas VB SD Inpres Oesapa Kecil 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SD Inpres Oesapa Kecil 1 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, materi Indonesiaku Kaya Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Puzzle Peta. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VB SD Inpres Oesapa Kecil 1 yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus memiliki empat tahapan; Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Peneliti mendapatkan data hasil penelitian melalui tes secara langsung, observasi hasil belajar dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran. Data yang dihimpun peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar pesera didik mengalami peningkatan setelah diterapkan model Problem Based Learning dengan berbantuan Puzzle Peta. Pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 56,2% dan ketuntasan belajar pada siklus 2 sebesar 81,2%. Capaian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 25% dari siklus 1 ke siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Puzzle Peta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB di SD Inpres Oesapa Kecil 1.
Copyrights © 2025