Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Assemblr Edu Terhadap Kemampuan Menulis Teks Dongeng Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Medan

Hutagaol, Monalisa (Unknown)
Simanjuntak, Harlen (Unknown)
Siagian, Beslina Afriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu terhadap kemampuan menulis teks dongeng fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian two group posttest-only control design. Peneltian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuannya. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 62 siswa dengan sampel penelitian ini adalah VII-4 sebanyak 31 siswa dan VII-5 sebanyak 31 siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Homogenitas dan uji Hipotesis. Setelah dilakukan penelitian untuk eksperimen pretest dan postest penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 59,51 dengan simpangan baku 13,51 dan kelas eksperimen rata-rata 71,77 dengan simpangan baku 14,56. Hasil uji prasyarat data pretest dan postest menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis penelitian dilakukan uji “t” pada taraf signifikan α= 0.05 thitung > ttabel  yaitu 3,38 > 1,16. Dengan demikian hipotesis awal (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan media pembelajaran Assemblr Edu di kelas VII SMP Negeri 13 Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...