Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Eksplorasi Kode Etik Guru Dalam Konteks Pendidikan

Indriawati, Prita (Unknown)
Azzahra, Fadhilah (Unknown)
Nisa’, Nabila Tun (Unknown)
Pardede, Christopher Immanuel Enggar (Unknown)
Latif, Latif (Unknown)
Ihsan, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Kode Etik Guru berfungsi sebagai panduan dalam mengatur perilaku guru dalam berbagai situasi pendidikan. Guru seringkali dihadapkan pada tantangan praktis, seperti konflik antara kode etik dan kebijakan sekolah, atau situasi yang membingungkan mengenai tindakan etis. Urgensi penelitian ini adalah untuk memahami konsep Kode Etik Guru dalam konteks pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur, membahas aspek-aspek kunci dari Kode Etik Guru, termasuk sejarah, prinsip-prinsip etika, dan dampak. Melalui metode studi literatur dan teori, Kode Etik Guru terbukti sebagai panduan moral dan profesional. Analisis kasus nyata menunjukkan bahwa implementasi yang konsisten mampu mencegah pelanggaran etika, memberikan dampak positif, dan meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah. Implementasi efektif dari Kode Etik Guru dapat membentuk dasar moral yang kokoh, mencegah pelanggaran etika, dan secara menyeluruh meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk terus mematuhi kode etik, sambil melakukan pembaruan dan penyesuaian berkala agar tetap relevan dengan perkembangan zaman dan dinamika pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...