Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen strategis oleh kepala sekolah SMP Mubaiyinul Ulum Madani, Mekar Sari, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, dalam meningkatkan kualitas sekolah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, penelitian ini melibatkan dua lokasi penelitian dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model manajemen strategis yang diterapkan kepala sekolah terdiri dari empat tahap, yakni analisis lingkungan, perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian. Dalam analisis lingkungan, sekolah telah melakukan evaluasi terhadap faktor internal dan eksternal untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Meskipun demikian, pelaksanaan manajemen strategis menghadapi hambatan, seperti keterbatasan sumber daya manusia, fasilitas yang belum memadai, dan kurangnya pendanaan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, dilakukan upaya pengembangan SDM melalui pelatihan, workshop, seminar, serta supervisi dan monitoring oleh kepala sekolah. Selain itu, penambahan sarana dan prasarana dilakukan dengan mengajukan bantuan kepada pemerintah melalui program DAU atau DAK, serta menjalin kerja sama dengan masyarakat dan instansi terkait.
Copyrights © 2024