cover
Contact Name
Naim
Contact Email
yayasanputrakhatulistiwamalang@gmail.com
Phone
+62881026626774
Journal Mail Official
yayasanputrakhatulistiwamalang@gmail.com
Editorial Address
Jl. S. Supriadi Gg X No. 12 Kel. Bandungrejosari Kec. Sukun Kota Malang (65148)
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan (JAMAPEDIK)
ISSN : -     EISSN : 3047700X     DOI : https://doi.org/10.59971/jamapedik.v1i1
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan (JAMAPEDIK) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang), jurnal penelitian ini mempunyai cakupan keilmuan yang cukup luas yaitu meliputi ilmu manajemen, akuntansi dan ilmu pendidikan (agama, Pkn, Bimbingan konseling, ekonomi, geografi, sejarah, sosiologi, antropologi, sains, TIK, bahasa, Kepramukaan, dan lain-lain). Tujuan diterbitkannya Jamapedik adalah untuk mendiseminasikan penelitian tugas kuliah, tugas akhir mahasiswa, penelitian mahasiswa dan dosen bidang Pendidikan, untuk memenuhi kebutuhan para peneliti tersebut maka Jamapedik terbit 3 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei, Oktober, Januari. sebelum artikel diterbitkan maka tim Jamapedik akan melakukan review terlebih dahulu yang lakukan oleh reviewer yang sesuai bidang keahlianya. Kemudian agar para peneliti mudah mengumpulkan hasil karyanya pasca artikel diterbitkan dan dapat digunakan sebagai kelengkapan BKD di setiap semesternya maka Jamapedik juga telah melengkapi dengan index Google Sholar dan ROAD serta telah memiliki ISSN.
Articles 72 Documents
KREATIVITAS GURU, MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI RAUDHATUL ULUM PEMATANG RAMBAI KUALA MANDOR A 2023/2024 Moslimah
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.3

Abstract

Upaya untuk mencerdaskan penerus bangsa di berbagai aspek, maka cara ampuh untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya ialah guru sebagai pendidik harus memiliki kreativitas yang baik. Peneliti memilih MI Raudhatul Ulum Pematang Rambai Kuala Mandor A karena selain siswanya yang memiliki motivasi belajar rendah, ditambah lagi kreativitas guru yang kurang sehingga pembelajaran terlihat membosankan dan tidak menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk; (1) mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) mengetahui pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) angket, (2) dokumen dan (3) wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini ialah (1) ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa, (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.
PENTINGNYA PEMAHAMAN BUDAYA DAN IDENTITAS SOSIAL Rusfandi, Rusfandi
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.4

Abstract

Budaya sebagai suatu identitas sosial hingga hari ini masih menjadi suatu isu yang hangat untuk dibahas. Fenomena ini selalu berdampingan dengan berkembangnya era digital sebagai bentuk imbas berkembangnya modernisasi. Tujuan untuk menggali informasi tentang bagaimana representasi identitas budaya pada mahasiswa dapat diperkuat melalui pendidikan sosial budaya. Penelitian ini didasarkan pada pemahaman dan identitas budaya sangat penting bagi individu dan komunitas dalam membangun dan memperkuat keberagaman budaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yang digunakan secara langsung untuk mendapatkan data dan permasalahan yang lebih konkrit dan secara langsung berhubungan dengan berbagai objek yang akan diteliti. Selanjutnya Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan jenis deskriptif. sedangkan instrument yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dari observasi yang berisi pertanyaan sesuai dengan tema yang diangkat. Hasil penelitian menunjukan suatu proses yang sangat penting bagi mahasiswa karena dapat membantu mereka memahami dan menghargai keragaman budaya, mengembangkan keterampilan interkultural, dan mempersiapkan diri menjadi warga global yang berpikiran terbuka dan mampu berinteraksi secara positif dengan masyarakat yang berbeda- beda mulai dari lingkungan lokal, regional mapun nasional. Kesimpulan dari penelitian ini ialah mahasiswa dan civitas Akademika di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang telah membangun Komitmen dalam membentuk suatu identitas budaya melalui program pendidikan. Begitu pula dampaknya dapat merepresentasikan dan dirasakan masyarakat luas baik secara digital maupun secara langsung. Pendidikan sosial budaya yang di tempuh telah berhasil menghalau berbagai tantangan di era globalisasi digital ini.
MANAJEMEN EKONOMI KELUARGA PEMBUAT TAHU DI DESA TAWANGREJENI DAN DESA GEDOG KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG Santosa Putra, Yoan
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.5

Abstract

Pengaruh Manajemen Ekonomi Keluarga Pembuat Tahu Di Desa Tawangrejeni Dan Desa Gedog Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Manajemen Ekonomi Keluarga Pembuat Tahu Di Desa Tawangrejeni Dan Desa Gedog Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu (1) Manajemen keuangan ekonomi keluarga sebagai produsen tahu di Desa Tawangrejeni Kecamatan Turen sudah diterapkan walau masih dalam taraf yang sederhana, (2) Manajemen keuangan ekonomi keluarga sebagai produsen tahu di desa Desa Gedog Kecamatan Turen juga sudah berjalan dengan baik, (3) pola manajemen ekonomi keuangan keluarga produsen tahu di desa di Desa Tawangrejeni dan Desa Gedog Kecamatan Turen sangatlah berbeda.
PENGARUH PROMOSI, MUTU SEKOLAH DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PENERIMAAN SISWA BARU DI SMK AL LATHIFI GONDANG LEGI MALANG Habibi, Habibi
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.6

Abstract

Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah melalui pendidikan. Pencapaian pendidikan yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan “Wajib Belajar”, terutama pendidikan dasar (9 th). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menguji teori, membangun fakta, menunjukan hubungan antar variabel, memberikan deskripsi dan menjabarkan hasilnya. Penelitian ini untuk menguji pengaruh variabel X1 (promosi), variable X2 (mutu sekolah) dan Variabel X3 (fasilitas belajar) berpengaruh terhadap jumlah penerimaan siswa baru (Y) di SMK Al Lathifi Gondang Legi Malang. Alasan dipilihnya jenis penelitian ini karena peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap Y. Kesimpulannya adalah Terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi sekolah terhadap jumlah penerimaan siswa baru di SMK Al Lathifi Gondang Legi Malang. Terdapat pengaruh yang signifikan antara mutu sekolah terhadap jumlah penerimaan siswa baru di SMK Al Lathifi Gondang Legi Malang, Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap jumlah penerimaan siswa baru di SMK Al Lathifi Gondang Legi Malang, Terdapat pengaruh yang signifikan antara promosi, mutu sekolah dan fasilitas belajar terhadap jumlah penerimaan siswa baru di SMK Al Lathifi Gondang Legi Malang.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELAYANAN Masdiah, Novita; Graha, Andi Nu; Sedyastuti, Kristina
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.11

Abstract

ABSTRACT Pondok Pesantren is a traditional education where students live together and study under the guidance of teachers who are better known as kiai and have dormitories for students to stay. Since the beginning of entering the Islamic boarding school, the attitude of the students must be awakened, so that in this way the ideals of the students that have been awakened since the beginning are stronger and easier to realize. Based on the results of a survey in the field, the loyal and obedient attitude of a santri when entering an Islamic boarding school begins to be developed, this attitude emerges and continues to be honed for independent learning when away from parents, to deepen religious knowledge, seek peace of mind, and seek blessings from kyai and many more. To determine the effect of service quality (X) on loyalty (Y) at the Bihaaru Bahri Islamic Boarding School As'ali Fadlaailir Rahmah, Turen District, Malang Regency. To determine the effect of service quality (X) on service satisfaction (Z) at the Bihaaru Bahri Islamic Boarding School As'ali Fadlaailir Rahmah, Turen District, Malang Regency. To determine the effect of service quality (X) on loyalty (Y) which is mediated by service satisfaction (Z) of Bihaaru Bahri As'ali Fadlaailir Rahmah Islamic Boarding School caregivers, Turen District, Malang Regency. The results of the analysis show that there is a significant influence of service quality (X) on student loyalty (Y) at the Bihaaru Bahri As'ali Fadlaailir Rahmah Islamic Boarding School, Turen District, Malang Regency. There is a significant influence between service quality (X) on service satisfaction (Z) at the Bihaaru Bahri Islamic Boarding School As'ali Fadlaailir Rahmah, Turen District, Malang Regency. There is a significant effect of service quality (X) on student loyalty (Y) which is mediated by service satisfaction (Z) of Bihaaru Bahri Islamic Boarding School caregivers As'ali Fadlaailir Rahmah Malang Regency Keywords: quality, satisfaction, loyalty of students
KIASAN DASAR GERAKAN PRAMUKA DALAM MEMBENTUK JATI DIRI BANGSA INDONESIA Cinde Adia Diningsih,
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.12

Abstract

Gerakan Pramuka merupakan organisasi pendidikan non-formal yang resmi dibentuk Pemerintah Republik Indonesia, berbagai manfaat tentu terkandung dalam kegiatan tersebut seperti mengasah jiwa kepemimpinan, kedisiplinan, tanggung jawab, bersikap jujur, amanah, cerdas dan berwawasan luas. Gerakan Pramuka menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDKMK) dalam setiap menjalankan kegiatannya, sehingga segala kegiatan yang menggunakan PDKMK dapat dikategorikan sebagai kegiatan Pramuka. Kiasan Dasar merupakan hal yang wajib dalam menjalankan PDKMK dengan membangun karakter romantika kebangsaan yang bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa pada setiap kegiatannya. Sejarah sebagai ingatan kolektif pemersatu dan budaya sebagai penguat jati diri bangsa. Dalam penulisan ini menggunakan kajian analisis sumber dari berbagai literatur yang berkaitan dengan Gerakan Pramuka. Hal yang dikaji dalam penulisan ini adalah prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan sebagai dasar pendidikan kepramukaan, penerapan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Pendidikan Pramuka, pembelajaran sejarah perjuangan dan budaya bangsa melalui kiasan dasar Gerakan Pramuka sebagai penguat jati diri bangsa.
PENGARUH PENGEMBANGAN OBJEK WISATA PANTAI WATO TENA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT DI KECAMATAN ILE BOLENG, KABUPATEN FLORES TIMUR, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR: Pengembangan Objek Wisata dan Pendapatan Daerah Reni Pawolung, Yumiati; Naim, Naim
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.15

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan pengembangan pariwisata maka pariwisata harus diarahkan pada pemanfaatan sumber daya alam yang memang meiliki nilai ekonomis, makin besar sumber daya alam yang dimiliki suatu negara, maka semakin besar pula harapan untuk mencapai tujuan pembangunan dan pengembangan pariwisata.Tujuan pengembangan pariwisata akan berhasil dengan optimal bila ditunjang oleh potensi daerah yang berupa obyek wisata baik wisata alam maupun wisata buatan manusia. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh objek wisata Wato Tena terhadap pendapatan masyarakat di Desa Nelerereng, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rancangan penelitian merupakan suatu kesatuan rencana terinci untuk mengumpulkan dan menganalisis data secara sistematis dan terarah agar penelitian dapat dilaksanakan secara efisisen dan efektif sesuai dengan tujuannya, untuk itu maka diperlukan data-data yang cukup dan memenuhi kebutuhan apa yang sedang diteliti. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya dengan adanya pengembangan objek wisata Wato Tena terhadap pendapatan masyarakat yang berada disana. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu variabel objek wisata Pantai Wato Tena berpengaruh signifikan dengan pendapatan masyarakat di desa Nelerereng, Kecamatan Ile Boleng, Kabupaten Flores Timur sebesar 53,03%.
PENANGANAN DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI AKIBAT PANDEMI COVID 19 MELALUI PENDEKATAN KEWIRAUSAHAAN: Dampak Sosial; ekonomi; covid-19; UMKM Karima, Magfirotul; Naim
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.16

Abstract

Pandemi Covid 19 yang terjadi pada tahun 2020 menimbulkan krisis ekonomi yang berbeda-beda di semua negara dan berdampak pada semua kategori dunia usaha. Artikel ini mencoba memberikan wawasan tentang dampak ekonomi dari pandemi Covid-19 dan alternatif strategi penanggulangannya menggunakan pendekatan kewirausahaan.Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, dengan melakukan kajian terhadap tulisan-tulisan mengenai dampak pandemi dan kewirausahaan sosial, terdapat delapan artikel yang dianalisis.Akibatnya pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif dengan memperburuk kondisi perekonomian Indonesia dan meningkatkan angka kemiskinan baru, namun di sisi lain terdapat dampak positif, yaitu meningkatkan kesalehan sosial masyarakat Indonesia dan Ada banyak yang meraup keuntung besar di masa pandemi Covid-19. Perlu mempertimbangkan model strategi penanggulangan yang dapat mengkolaborasi pasar, negara, dan aultrisme atau kesalehan sosial yang ditawarkan dalam artikel ini sebuah model penanggulangan berbasis kewirausahaan sosial. Model ini merekomendasikan agar perusahaan publik besar, swasta dan seluruh kementerian di Indonesia berperan sebagai wirausaha sosial dalam menjaga keberlanjutan program sosialnya.
KORELASI PEMASARAN DIGITAL BAGI PERILAKU WIRAUSAHA: Pemasaran Digital, Kewirausahaan Rosil Agustin, Karin Nisa; Naim, Naim
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.17

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas konsep-konsep baru serta peluang dan tantangan pemasaran dalam kewirausahaan. Setelah dilakukan pembahasan ditemukan bahwa pemasaran mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kewirausahaan, dimana unsur-unsurnya bertujuan pada tujuan yang sama. Pemasaran digital kemudian menjadi bagian dari aktivitas kewirausahaan. Pemasaran digital menawarkan peluang besar untuk mengembangkan bisnis mulai saat ini hingga masa depan, dimana target pasarnya bertransformasi ke dalam platform digital. Sementara itu, tantangan yang dihadapi dunia usaha pada saat implementasi pemasaran adalah persiapan, baik dari segi sumber daya manusia maupun untuk menunjang kegiatan pemasaran digital. Pemasaran digital mencakup berbagai teknik dan alat seperti media sosial, pemasaran konten, SEO (Search Engine Optimization), dan email marketing, yang semakin menjadi komponen penting dalam strategi bisnis modern. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada beberapa wirausaha di sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan analisis dokumen terkait kegiatan pemasaran digital yang dilakukan oleh pelaku wirausaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara penggunaan pemasaran digital dan peningkatan kinerja bisnis, termasuk peningkatan penjualan, brand awareness, dan engagement dengan pelanggan. Wirausaha yang aktif menggunakan media sosial dan platform digital lainnya melaporkan peningkatan yang lebih besar dalam jumlah pelanggan dan loyalitas pelanggan dibandingkan dengan yang menggunakan metode pemasaran tradisional. Selain itu, kemampuan untuk menyesuaikan strategi pemasaran digital dengan cepat berdasarkan feedback pelanggan juga ditemukan sebagai faktor kunci dalam keberhasilan pemasaran.
URGENSI WEBQUEST UNTUK PENGEMBANGAN USAHA & KETERAMPILAN HIDUP DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT Falen, Falentina Rahayu; Naim
Jurnal Manejemen, Akuntansi dan Pendidikan Vol. 1, No. 1, Mei 2024
Publisher : YAPAKAMA (Yayasan Putra Khatulistiwa Malang)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59971/jamapedik.v1i1.18

Abstract

Model pembelajaran berorientasi pertanyaan WebQuest menggunakan internet sebagai sumber belajar. Tidak banyak sumber pembelajaran online yang disediakan oleh siswa dalam mata kuliah kewirausahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media WebQuest yang berfokus pada keterampilan bisnis dan analisis SWOT. Dengan menggunakan WebQuest, siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kursus kewirausahaan serta materi tentang analisis SWOT dan kehidupan bisnis. Metode pembelajarannya berpusat pada siswa. Peserta didik akan dihadapkan langsung pada informasi yang telah dipilih yang relevan dengan materi. Melalui website, siswa akan menggabungkan pengetahuan mereka dengan informasi. Penelitian ini menggunakan Desain Pembelajaran Berbasis Web (Davidson et al ., 2006). Ahli Materi dan Media menilai WebQuest sebagai alat pembelajaran yang bagus. Dalam uji coba WebQuest Kewirausahaan business life skills dan analisis SWOT mendapatkan respon positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media WebQuest mempunyai isi yang bagus. WebQuest Kewirausahaan juga merupakan suatu solusi untuk membelajarkan pebelajar dengan menggunakan web dalam aktivitas pembelajaran sehingga membentuk pengetahuan. Dengan pembelajaran menggunakan WebQuest mahasiswa dapat memperoleh informasi kapanpun dan dapat belajar secara optimal. Dalam uji coba WebQuest, kemampuan kewirausahaan dan analisis SWOT mendapat tanggapan positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten yang ditawarkan oleh WebQuest sangat bagus. Selain itu, WebQuest Kewirausahaan menawarkan solusi untuk membantu siswa belajar menggunakan web dalam aktivitas pembelajaran yang membentuk pengetahuan. Dengan menggunakan WebQuest, siswa dapat memperoleh informasi kapan saja dan memanfaatkan waktu terbaik untuk belajar.