Kepala sekolah merupakan tenaga fungsional guru yang bertugas memimpin sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses belajar mengajar. Kualitas sebuah sekolah sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola pendidikan. Kepala sekolah diharapkan mampu menciptakan dan mengimplementasikan program-program inovatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepemimpinan yang efektif membutuhkan kinerja yang baik serta sikap positif dari kepala sekolah. Untuk konsisten meningkatkan mutu pendidikan, kepala sekolah perlu memiliki kemampuan dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Penelitian ini juga mengeksplorasi berbagai perilaku individu yang mempengaruhi dinamika sosial di Pondok Pesantren Darul Ulum. Penelitian dilakukan pada Desember 2024 dengan subjek penelitian meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah sangat signifikan dan kompleks dalam meningkatkan mutu pendidikan, termasuk koordinasi untuk mengoptimalkan pembelajaran bermutu di sekolah.
Copyrights © 2024