Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan desain prototipe UI/UX dalam aplikasi interaktif untuk mendukung digitalisasi pariwisata berkelanjutan pada sepeda onthel di Towilfiets, Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah prototyping dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, survei, dan Focus Group Discussion (FGD). Validasi dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS), menghasilkan skor rata-rata 74 yang termasuk kategori "Good," menunjukkan aplikasi dapat diterima oleh pengguna. Hasil ini mendukung pengembangan digitalisasi ekonomi pariwisata di Towilfiets. Namun, penelitian menemukan kendala seperti keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya pemahaman tentang pariwisata berkelanjutan. Untuk mengatasi hal ini, direkomendasikan pengembangan lebih lanjut, termasuk pelatihan lokal dan pemeliharaan aplikasi guna memastikan keberlanjutannya. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung digitalisasi pariwisata berkelanjutan dan memperkuat peran teknologi dalam memajukan ekonomi lokal di Towilfiets.
Copyrights © 2024