Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan meningkatkan kesehatan mental siswa. Dalam perspektif Islam, terdapat kaitan erat antara prinsip-prinsip ajaran Islam dan kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru PAI dalam menangani kesehatan mental siswa pada tingkat MTs dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitian kepustakaan. Pembahasan menguraikan konsep Pendidikan Agama Islam, dukungan dan tantangan kesehatan mental remaja, pandangan Islam tentang kesehatan mental, tugas guru PAI, upaya pembinaan mental, faktor penghambat, dan peran guru PAI dalam meningkatkan kesehatan mental siswa. Hasil menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pembimbing, motivator, pendidik nilai moral-spiritual, fasilitator pembinaan mental, serta penyedia dukungan emosional-spiritual. Mereka juga menjembatani sekolah dan keluarga dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental siswa. Faktor penghambat seperti pengaruh keluarga dan pergaulan perlu diatasi melalui kolaborasi antara guru, orang tua, dan lingkungan sosial siswa. Dengan menjalankan perannya secara efektif, guru PAI dapat berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan mental siswa secara holistik dan berkelanjutan.
Copyrights © 2024