Borneo Journal of Biology Education (BJBE)
Vol 6, No 2 (2024): Oktober

Pengaruh Gaya Belajar dan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 1 Sebatik

Nirwana, Nirwana (Unknown)
Fatmawati, Fatmawati (Unknown)
Nursia, Nursia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2025

Abstract

Gaya belajar dan media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu keduanya harus menjadi perhatian bagi tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah gaya belajar dan media pembelajaran multimedia interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 pada pembelajaran biologi. Metode penenlitian yang digunakan adalah Quasi Ekperiment dengan desain The Non-Equivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sebatik kelas XI Tahun Ajaran 2023/2024 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 72 siswa yang diambil dengan Teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner gaya belajar, tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test, dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif dan analisis statistk inferensial dengan bantuan apalikasi SPSS 26. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan analisis kovarian, diperoleh (1) nilai P- value gaya belajar = 0,621, hasil tersebut jika dibandingkan dengan nilai signifikansi 0,005 maka 0,621 0,05. (2) nilai P-value media pembelajaran = 0,016 maka 0,016 0,05. dan (3) nilai P- value interaksi antara gaya belajar dan media pembelajaran = 0,514 maka 0,514 0,05. Hipotesis dari penelitian ini (1) tidak ada perbedaan rata- rata hasil belajar post-test berdasarkan gaya belajar mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar post-test berdasarkan penggunaan media pembelajaran mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. (3) tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar post-test berdasarkan interaksi gaya belajar dan penggunaan media pembelajaran mengacu pada kovarian hasil belajar pre-test. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini media pembelajaran berkontribusi terhadap hasil belajar biologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bjbe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Other

Description

Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), Jurnal Pendidikan Biologi merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan. BJBE merupakan media publikasi ilmiah seperti gagasan, Kajian, dan hasil penelitian yang berkualitas terkait Biologi dan ...