Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam
Vol 7, No 2 (2024): Tantangan Kontemporer dalam Pendidikan Islam

Kiprah Kyai Ihsan Jampes dalam Tradisi dan Nilai-Nilai Pendidikan Pondok Pesantren

Kuncoro, Anis Tyas (Unknown)
Ali, Mudzakkir (Unknown)
Hamzah, Ghufron (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Ada banyak peran yang telah dimainkan pondok pesantren dan tokoh-tokoh kyai kharismatiknya dalam membumikan nilai-nilai tasawuf, baik dalam tataran wacana maupun praktik, dengan menghidupkan tradisi literasi intelektual terhadap kitab-kitab karya tulis ulama besar di masa lampau, nasional maupun internasional. Dengan begitu, apa yang telah dirintis dan dibangun para kyai dan ulama melalui pondok pesantrennya telah menjelma sebagai corong ilmu dan praktik keagamaan Islam, juga sekaligus menjadi referensi dan respon positif terhadap isu-isu sosial dan budaya masyarakat yang dihadapi. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan studi pustaka ditujukan untuk mengeksplorasi profil Kyai Ihsan Jampes sebagai salah satu tokoh penting ulama nusantara dan perannya dalam membangun tradisi dan nilai-nilai pendidikan pondok pesantren. Komitmen Kyai Ihsan Jampes terhadap praktik-praktik bertasawuf dan berfiqih di sisi yang lain, menunjukkan bahwa sikap beliau berada pada kerangka cara berpikir moderat, yaitu selalu mengedepankan paradigma berpikir yang memandang persoalan tidak dalam bingkai ekstrem, baik ekstrem kanan maupun ekstrem kiri, yang dalam kerangka teologis menjadi potret ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

fikri

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Al-Fikri is a journal of Islamic Education Studies published by the Department of Tarbiyah, Faculty of Islamic Studies, Sultan Agung Islamic University, Semarang, Indonesia. It is a semi annual journal published on February and August to develope the scientific ...