Wahana
Vol. 3 No. 2 (2024): Edisi Desember

Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran Produk UMKM Kecamatan Sunggal

Fitria, Fariza (Unknown)
Butar Butar, Mangasi (Unknown)
Permana, Jaka (Unknown)
Hutagaol, Jarungjung (Unknown)
Harahap, Rahmat Alamsyah (Unknown)
Jamaluddin, Jamaluddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Kurangnya pemahaman pelaku UMKM mengenai digitalisasi membuat pelaku UMKM memiliki kendala terhadap pemasaran produk. Oleh karena itu, para pelaku UMKM perlu memahami pemanfaatan media sosial instagram sebagai sarana dalam memasarkan produk UMKM. Tujuan Pengabdian Masyarakat ini adalah agar para pelaku UMKM di Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang dapat memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk agar dikenal lebih luas, bahkan di pasar internasional. Tahapan sosialisasi dimulai dari pengetahuan dan pengalaman pelaku UMKM di media sosial Instagram sebagai sarana dalam memasarkan produknya. Tahapan pendampingan pembuatan foto atau video produk UMKM di media sosial Instagram dengan menggunakan aplikasi Canva. Tahapan berikutnya para pelaku UMKM menggunakan aplikasi Canva dan melakukan pemasaran yang efekif dengan cara memposting foto atau video produknya ke media sosial Instagram. Dengan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan yang telah diberikan Rata – rata persentase tingkat pemahaman pelaku UMKM sebesar 80 %.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wahana

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Wahana Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang ditertbitkan dan dikelola oleh Ilmu Bersama Center. Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil pengabdian dari seluruh civitas akademika tentang berbagai macam ...