Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membangun karakter dan spiritualitas siswa. Namun, bagi siswa tunanetra, pembelajaran PAI menjadi tantangan karena keterbatasan akses bahan ajar visual dan metode konvensional yang kurang efektif. Penelitian ini mengeksplorasi strategi penerapan pembelajaran PAI berbasis audiobook di SLBN Cileunyi, yang dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran bagi siswa tunanetra. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observatif, penelitian ini mendalami implementasi dan evaluasi efektivitas audiobook dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan audiobook berdampak positif pada pemahaman, hafalan, dan partisipasi siswa. Pemahaman siswa terhadap materi meningkat dari skor rata-rata 2,7 menjadi 4,3. Hafalan doa harian juga mengalami peningkatan signifikan, dari rata-rata 4 doa menjadi 9 doa. Partisipasi siswa dalam diskusi kelas melonjak dari 35% menjadi 80%, mencerminkan peningkatan kepercayaan diri dan keterlibatan mereka. Tingkat kepuasan siswa terhadap metode ini mencapai skor 4,5 dari 5, menunjukkan bahwa audiobook membantu menciptakan pengalaman belajar yang inklusif dan efektif. Penelitian ini menegaskan bahwa audiobook adalah media inovatif yang mendukung pembelajaran agama secara lebih adaptif dan interaktif.
Copyrights © 2024