Edukasi: Journal of Educational Research
Vol. 4 No. 2 (2024)

The Strategies for the Implementation of Audiobook-Based Islamic Religious Education Learning at SLBN Cileunyi: Strategies for the Implementation of Audiobook-Based Islamic Religious Education Learning at SLBN Cileunyi

Gandara, Tedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membangun karakter dan spiritualitas siswa. Namun, bagi siswa tunanetra, pembelajaran PAI menjadi tantangan karena keterbatasan akses bahan ajar visual dan metode konvensional yang kurang efektif. Penelitian ini mengeksplorasi strategi penerapan pembelajaran PAI berbasis audiobook di SLBN Cileunyi, yang dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pembelajaran bagi siswa tunanetra. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan observatif, penelitian ini mendalami implementasi dan evaluasi efektivitas audiobook dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan audiobook berdampak positif pada pemahaman, hafalan, dan partisipasi siswa. Pemahaman siswa terhadap materi meningkat dari skor rata-rata 2,7 menjadi 4,3. Hafalan doa harian juga mengalami peningkatan signifikan, dari rata-rata 4 doa menjadi 9 doa. Partisipasi siswa dalam diskusi kelas melonjak dari 35% menjadi 80%, mencerminkan peningkatan kepercayaan diri dan keterlibatan mereka. Tingkat kepuasan siswa terhadap metode ini mencapai skor 4,5 dari 5, menunjukkan bahwa audiobook membantu menciptakan pengalaman belajar yang inklusif dan efektif. Penelitian ini menegaskan bahwa audiobook adalah media inovatif yang mendukung pembelajaran agama secara lebih adaptif dan interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi: Journal of Educational Research (E-ISSN: 2776-7809) is a peer-reviewed journal dedicated to the promotion and dissemination of scientific research. Special attention is paid to works related to education using an interdisciplinary perspective, especially in the patterns of religious ...