Edukasi: Journal of Educational Research
Vol. 3 No. 2 (2023)

An Implementation Of Islamic Education Philosophy In Building Religious Moderation: Implementasi Filsafat Pendidikan Islam dalam Membangun Moderasi Beragama

Gandara, Tedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi filsafat pendidikan Islam dalam membangun moderasi beragama di lembaga pendidikan. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, fokus penelitian adalah untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip filsafat pendidikan Islam, seperti wasathiyah (keseimbangan), tasamuh (toleransi), dan akhlaq al-karimah (akhlak mulia), diterapkan dalam kurikulum, metode pengajaran, dan kegiatan ekstrakurikuler guna membentuk sikap moderat pada peserta didik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan filsafat pendidikan Islam berhasil menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa, terlihat dari sikap toleransi, inklusivitas, dan penghargaan terhadap perbedaan. Implementasi ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti peran guru sebagai teladan, metode dialogis, dan kegiatan yang mendorong interaksi antar siswa dengan latar belakang berbeda. Tantangan utama dalam penerapan moderasi beragama mencakup pengaruh media sosial dan variasi pemahaman agama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa filsafat pendidikan Islam berpotensi membangun karakter moderat yang diperlukan untuk menciptakan masyarakat yang harmonis dan toleran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edukasi

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi: Journal of Educational Research (E-ISSN: 2776-7809) is a peer-reviewed journal dedicated to the promotion and dissemination of scientific research. Special attention is paid to works related to education using an interdisciplinary perspective, especially in the patterns of religious ...