Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas IV di UPTD SD Inpres Umapura. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu dengan melakukan penelitian langsung di sekolah berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV. Data yang diperoleh melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis, digambarkan dan diringkas kejadian atau fenomena yang diperoleh. Selain itu juga dengan membaca berbagai sumber referensi kemudian dihubungkan dengan topik yang dibahas sampai kemudian dapat disampaikan kembali dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila sudah berjalan, bentuk pelaksanaannya dilakukan pada saat persiapan pembelajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Pancasila. Proses perencanaan dilakukan oleh guru untuk menentukan nilai karakter yang akan dikembangkan pada siswa. Pada proses pelaksanaan pembelajaran, guru mengaitkan pendidikan karakter ke dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, terakhir pada proses penilaian implementasi pendidikan karakter, guru menggunakan tiga penilaian, yaitu penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Copyrights © 2025