JURNAL CURERE
Vol 8, No 2 (2024): JURNAL CURERE

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DI SEKOLAH SDN 066656 MEDAN

Mariani, Mariani (Unknown)
Tampubolon, Sutar Oktaviani (Unknown)
Damanik, Deta Sonia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Perkembangan teknologi pada akhirnya juga merambah kepada dunia pendidikan. Banyak sekolah yang sekarang memakai teknologi ini untuk memperlancar pembelajaran di sekolah. Teknologi dalam pembelajaran bisa menjadi sarana pembelajaran, metode/media dan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 siswa dengan teknik pengumpulan data menggunakan random quota. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi product moment. Hasil analisis data disimpulkan bahwa ada Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar di Sekolah SDN 066656 Medan. Hal ini  terlihat dari nilai post test dan juga uji hipotesis  yang telah dilakukan bahwa diperoleh nilai hasil t hitung ≥ ttabel, 5.510 ≥ 1.994 yang artinya bahwa  Ho tolak  dan  Ha diterima. Hasil belajar kelas eksperimen yaitu kelas IVA yang menggunakan media pembelajaran video lebih baik dari pada kelas kontrol yang tidak menerapkan media pembelajaran video. Hasil ini diperoleh melalui uji t atau uji hipotesis yang dilakukan   pada nilai post test kedua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan bantuan SPSS 24.0 yang menghasilkan nilai thitung ≥ ttabel, pada taraf signifikansi 5%. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar di Sekolah SDN 066656 Medan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...