REFEREN
Vol. 3 No. 2 (2024)

Evaluasi Keterampilan Menulis Produk Non Tes pada Teks Cerita Pendek Siswa SMP

Rachmayanti (Unknown)
Salma Fairuz Hasanah (Unknown)
Syamsiah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterampilan menulis yang terdapat di dalam produk non tes, yaitu berupa kumpulan cerita pendek karya siswa SMP dalam segi pembuatan teks dan ketepatan penggunaan tata bahasa. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Membaca kumpulan cerita pendek dengan seksama merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan di dalam penelitian ini. Selanjutnya data yang diperoleh berakar dari hasil produksi kumpulan teks cerita pendek siswa SMP yang ditulis pada tahun 2021. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini mencakup: 1) mengamati isi dari kumpulan cerita pendek, 2) melakukan pengelompokkan terhadap kumpulan teks cerita pendek berdasarkan tema dan minat siswa, 3) menganalisis ketepatan tata bahasa pada kumpulan cerita pendek sesuai dengan data yang terdapat di dalam pembahasan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

referen

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

REFEREN berkomitmen untuk menyajikan hasil penelitian dalam bentuk kajian teori dan kajian eksperimen yang berfokus pada Pembelajaran Bahasa, Pengkajian Bahasa, dan Pengkajian Sastra dengan kualitas terbaik dari para penulis yang beragam latar belakang seperti peneliti, para akademisi, professional, ...