REFEREN
Vol. 3 No. 2 (2024)

Pemanfaatan Metode Debat terhadap Keterampilan Berbicara pada Mahasiswa

Maulani, Shilvy (Unknown)
Rahmalia, Nadia Andi (Unknown)
Mubarok, Muhammad Dzaki (Unknown)
Susanti, Elvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan keterampilan berbicara melalui metode debat pada mahasiswa UIN Jakarta angkatan 2023. Metode debat dipilih karena dianggap efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara, berpikir kritis, dan keterampilan argumentatif mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, , dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat secara signifikan membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara, memperluas wawasan, serta meningkatkan kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Selain itu, ditemukan pula bahwa keterlibatan aktif dalam debat mendorong mahasiswa untuk lebih kritis dan analitis dalam memandang isu-isu terkini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode debat merupakan alat yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berbicara mahasiswa dan merekomendasikan penggunaannya secara luas dalam kegiatan akademik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

referen

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

REFEREN berkomitmen untuk menyajikan hasil penelitian dalam bentuk kajian teori dan kajian eksperimen yang berfokus pada Pembelajaran Bahasa, Pengkajian Bahasa, dan Pengkajian Sastra dengan kualitas terbaik dari para penulis yang beragam latar belakang seperti peneliti, para akademisi, professional, ...