Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan menggambar bebas di Taman Kanak-Kanak (TK) Musi Indah, Desa Kandang, Kecamatan Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitaian ini yaitu kualitatif deskriftif.Metode yang digunakan mencakup pendekatan mendidik, membimbing, dan mengevaluasi. Dalam kegiatan menggambar bebas, guru memberikan arahan dan stimulasi yang memungkinkan anak mengekspresikan kreativitas mereka. Selain itu, guru berperan dalam membimbing anak selama proses menggambar, membantu mereka memahami bentuk, warna, dan komposisi. Evaluasi dilakukan untuk menilai perkembangan kecerdasan visual spasial anak, yang tercermin dari kemampuan mereka dalam menciptakan karya gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya ini efektif dalam meningkatkan kemampuan visual spasial anak, memperkuat daya imajinasi, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berekspresi. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru dalam mendukung perkembangan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024