Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 23 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Bebas Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak (TK) Musi Indah Desa Kandang Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang

Safitri, Rozalia (Unknown)
Nirwana, Evi Selva (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Pada Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan visual spasial anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan menggambar bebas di Taman Kanak-Kanak (TK) Musi Indah, Desa Kandang, Kecamatan Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Jenis penelitaian ini yaitu kualitatif deskriftif.Metode yang digunakan mencakup pendekatan mendidik, membimbing, dan mengevaluasi. Dalam kegiatan menggambar bebas, guru memberikan arahan dan stimulasi yang memungkinkan anak mengekspresikan kreativitas mereka. Selain itu, guru berperan dalam membimbing anak selama proses menggambar, membantu mereka memahami bentuk, warna, dan komposisi. Evaluasi dilakukan untuk menilai perkembangan kecerdasan visual spasial anak, yang tercermin dari kemampuan mereka dalam menciptakan karya gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya ini efektif dalam meningkatkan kemampuan visual spasial anak, memperkuat daya imajinasi, serta meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berekspresi. Temuan ini menegaskan pentingnya peran guru dalam mendukung perkembangan kecerdasan visual spasial melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...