Makalah ini mengkaji penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran guru IPS SMP. Dengan tujuan untuk mengetahui penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS di MGMP SMP Gugus Cilimus Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif yang melibatkan 17 guru IPS SMP Gugus Cilimus selama kegiatan MGMP. Data diambil dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Ditemukan bahwa semua SMP di Gugus Cilimus telah menerapkan Kurikulum 2013. Penerapan Kurikulum 2013 oleh guru IPS melalui tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Menggunakan pendekatan pembelajaran Scientific dan penilaian secara pendekatan penilaian autentik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kurikulum 2013 terasa belum maksimal dengan masih kurangnya sarana dan prasarana pendukung disekolah terpencil, materi yang wajib dikuasi siswa terlalu banyak, guru terbebani dengan banyaknya penilaian dan tidak dilibatkan dalam pembuatan kurikulum. Dampak dari penelitian ini mampu lebih meningkatkan guru untuk mengembangkan diri dan sekolah lebih memperhatikan penerapan dan evaluasi dari kurikulum yang sedang digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024