Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 10 No 22 (2024): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Proses Pembelajaran

Yolanda, Ayuni (Unknown)
Zultiar, Indra (Unknown)
Ashshidiqi, Alfian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi dampak kualifikasi akademik guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terhadap proses pembelajaran di tingkat PAUD. Melalui metode kuantitatif, penelitian ini menemukan hubungan yang signifikan antara kualifikasi akademik guru dan kualitas pembelajaran di lingkungan PAUD. Temuan tersebut menunjukkan bahwa sekitar 27,6% variasi dalam proses pembelajaran dapat dijelaskan oleh kualifikasi akademik guru PAUD. Analisis lebih lanjut menyoroti bahwa setiap peningkatan 1% dalam kualifikasi akademik guru berkorelasi dengan peningkatan 1,287 dalam kualitas proses pembelajaran, menegaskan pengaruh positif kualifikasi akademik. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang urgensi investasi dalam pengembangan kualifikasi akademik guru PAUD, dengan implikasi praktis untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...