Perkembangan teknologi sangat membantu pada proses pembelajaran. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengembangkan pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran berupa media pembelajaran yaitu video animasi melalui aplikasi canvaserta untuk mengetahui kelayakan dan validitas media yang dikembangkan dengan materi energi dan perubahan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pengembangan video animasi pembelajaran dengan menggunakan canva ini secara kuantitatif dan kualitatif dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penilaian validasi diolah sebanyak dua kali yang didasari dai hasil revisi. Hasil validator yang dilakukan oleh para ahli dimana dari ahli media memperoleh 89%, ahli bahasa memperoleh 80% dan ahli materi memperoleh 84%. Sedangkan dari angket respon peserta didik dimana memperoleh 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dimana menunjukkan bahwasanya video animasi pembelajaran berbasis Canva pada materi energy dan perubahannya layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang memberikan variasi dan inovasi pada pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024